Cara Memindahkan Aplikasi Android ke Memori Eksternal

UlasanGame.com – Setelah membahas Cara Cepat Mendapatkan Voucher di Hay Day, kali ini admin akan berbagi tips mengenai Cara Memindahkan Aplikasi Android ke Memori Eksternal. Kebanyakan ponsel flagship android yang dirilis akhir-akhir ini memang memiliki kapasitas memori internal cukup besar. Namun untuk memori internal ponsel kelas entry atau model lawas sangatlah terbatas. Bahkan ponsel yang memiliki kapasitas memori internal 32 GB sekalipun pada kenyataannya dapat cepat habis karena sebagian besar ruang penyimpanannya sudah digunakan oleh sistem operasi dan software bawaan. Apalagi jika Anda banyak menginstal aplikasi favorit, hobi selfie atau membuat video, sudah pasti kapasitas memori internal semakin cepat habis. Untungnya, sejumlah perangkat android memiliki slot kartu microSD yang memungkinkan Anda untuk memperluas kapasitas penyimpanan.

Cara Memindahkan Aplikasi Android ke Memori Eksternal

Cara Memindahkan Aplikasi Android ke Memori Eksternal

Apa yang perlu diketahui sebelum memutuskan untuk menambah memori?

Pertama, tidak semua perangkat Android memungkinkan Anda untuk memasang aplikasi ke kartu eksternal, namun jika bisa melakukannya, Anda hanya perlu menggunakan pengelola aplikasi dan menekan satu tombol. Sebagian besar ponsel flagship sudah tidak mendukung fitur ini, mungkin hanya LG G4 dan Samsung Galaxy S5 yang terakhir mendukung fitur tersebut.

Sayangnya, meski smartphone Anda mendukung fitur ini, tapi tidak semua aplikasi bisa dipindah. Aplikasi berukuran besar seperti game meletakkan sebagian besar data mereka di penyimpanan internal. Misalnya, Asphalt 8 hanya memasang data 64 MB pada kartu microSD dan membiarkan 1.4 GB data tersisa di memori internal.

Cara Memindahkan Aplikasi Android ke Memori Eksternal Menggunakan Application Manager

1. Masuk ke pengaturan.

2. Ketuk ‘Apps/Aplikasi’.

3. Pilih aplikasi yang ingin Anda pindahkan ke kartu microSD.

4. Pilih ‘Storage/Penyimpanan’.

5. Pilih ‘Change/Ubah’ jika tersedia. Jika Anda tidak melihat opsi Change, berarti aplikasi tersebut tidak dapat dipindahkan. Jika Anda tidak dapat menemukan aplikasi dengan opsi ini, kemungkinan perangkat Anda tidak mendukung fitur tersebut.

6. Pilih ‘Move/Pindahkan’.

Jika Anda ingin memindahkan aplikasi kembali ke memori internal, tekan tombol Change dan pilih Internal Storage.

Gunakan Kartu Memori Eksternal Sebagai Penyimpanan Internal

Jika perangkat Anda tidak mendukung pemindahan aplikasi ke kartu microSD, ada pilihan lain. Pertama kali diperkenalkan pada versi android Marshmallow, fitur ini disebut Adoptable atau Flex Storage dan memungkinkan Anda untuk memformat kartu microSD dan digunakan sebagai tambahan penyimpanan internal. Sekali lagi, tidak semua perangkat dengan slot microSD mendukung fitur ini.

Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum mengaktifkan fitur ini. Anda sebaiknya menggunakan kartu microSD tercepat untuk memastikan kinerja yang baik, setidaknya Kelas 10 atau UHS-3. Setiap data yang ada pada kartu microSD akan terhapus saat Anda memformatnya sebagai penyimpanan internal dan sejak saat itu kartu microSD tersebut tidak dapat digunakan lagi di perangkat lain (kecuali jika Anda memformatnya lagi).

1. Buka pengaturan.

2. Pilih ‘Storage/Penyimpanan’.

3. Pilih kartu microSD Anda.

4. Tekan tombol menu di sudut kanan atas.

5. Pilih ‘Storage Settings/Pengaturan Perangkat’.

6. Pilih ‘Format sebagai Internal’

7. Pilih Hapus & Format. Jika sistem menentukan bahwa kartu microSD Anda terlalu lambat, akan muncul peringatan.

8. Tekan ‘Move Now/Pindahkan Sekarang’. Setelah melakukan pemilihan, Anda akan mengetuk Next dan memulai transfer ke kartu microSD. Sistem akan menunjukkan kira-kira berapa lama transfer akan dilakukan dan berapa banyak data yang akan dipindahkan ke kartu SD Anda.

9. Tekan Selesai.

Itulah artikel mengenai Cara Memindahkan Aplikasi Android ke Memori Eksternal. Semoga bermanfaat.

Cara Memindahkan Aplikasi Android ke Memori Eksternal | UG_Admin | 4.5