Cara Mengatasi Error 0x80004005

UlasanGame.com – Setelah membahas Cara Mengatasi Error This Device Cannot Start Code 10, kali ini admin akan membahas tentang Cara Mengatasi Error 0x80004005. Error 0x80004005 biasanya terjadi pada file Zip. Zip itu sendiri merupakan salah satu jenis kompresi file yang paling populer. Format zip lebih disukai karena telah menggunakan teknologi kompresi lossless.

Cara Mengatasi Error 0x80004005

Cara Mengatasi Error 0x80004005

Meskipun format Zip dapat diandalkan dan aman untuk digunakan, akan tetapi masih ada kemungkinan munculnya error. Khusus pada artikel ini, admin akan membahas tentang error 0x80004005 yang terjadi saat Anda mencoba mengekstrak file Zip.

Penyebab Error 0x80004005

Jika Anda menggunakan aplikasi Windows.zip untuk mengekstrak file, sedangkan file Zip Anda dikompresi menggunakan Bzip2, LZMA, PPMd atau algoritma lain yang tidak didukung oleh Windows, maka error tersebut bisa tiba-tiba muncul. Selain itu, file yang “corrupt” juga bisa menjadi penyebab error ini. Untuk itu, silahkan menyimak beberapa Cara Mengatasi Error 0x80004005 di bawah ini :

1. Gunakan WinZip atau 7-Zip

Jika Anda menggunakan aplikasi seperti Windows.zip untuk menangani file Zip, kemungkinan besar algoritme kompresi file tersebut tidak didukung oleh Windows. Dalam contoh kasus seperti itu, sebaiknya Anda mencoba aplikasi lain seperti 7-Zip atau WinZip yang dirancang untuk menangani semua jenis algoritma kompresi. Dengan menggunakan salah satu dari aplikasi tersebut, Anda dapat mengekstrak file Zip tanpa ada masalah.

2. Gunakan SFC untuk memperbaiki file sistem

Menjalankan SFC atau System File Checker dapat membantu memperbaiki file sistem Anda. Untuk menjalankan SFC ikuti langkah-langkah di bawah ini.

— Tekan tombol Windows dan X untuk membuka menu pengguna daya

— Klik pada Command Prompt (Admin)

— Masukkan ID dan kata sandi administrator untuk membuka Command Prompt

— Ketik SFC /SCANNOW

Perintah tersebut berfungsi untuk menjalankan pemindaian dan memperbaiki file sistem yang “corrupt”. Setelah SFC dijalankan, Anda juga dapat memasukkan perintah CHKDSK untuk memindai dan memperbaiki kesalahan sistem file.

Untuk menjalankan CHKDSK, ketik CHKDSK /F /R pada command prompt

Proses CHKDSK mungkin membutuhkan waktu agak lama hingga selesai, tergantung pada ukuran drive Anda dan tingkat kerusakan. Setelah proses CHKDSK selesai, restart komputer Anda.

Jika kedua metode di atas belum bisa mengatasi masalah, ada kemungkinan file Zip Anda rusak. Jika itu yang terjadi, Anda perlu memperbaiki file zip tersebut dengan menggunakan alat perbaikan Zip khusus.

Itulah artikel mengenai Cara Mengatasi Error 0x80004005. Semoga bermanfaat.

Cara Mengatasi Error 0x80004005 | UG_Admin | 4.5