Cara Mengatasi Error 0xc000000f

UlasanGame.com – Setelah membahas tentang Cara Mengatasi Error SYSTEM SERVICE EXCEPTION, kali ini kita akan membahas tentang Cara Mengatasi Error 0xc000000f. Ada kalanya setelah merestart atau mematikan komputer, sistem tidak bisa melanjutkan ke proses booting dan menampilkan error 0xc000000f. Kejadian tersebut biasanya dialami oleh pengguna Windows 7, Windows 8.1 atau Windows 10, dan diakibatkan sistem yang tidak bisa membaca data dari boot sector.

Cara Mengatasi Error 0xc000000f

Cara Mengatasi Error 0xc000000f

Error 0xc000000f bisa terjadi karena :

— Prioritas booting Windows hilang (baterai CMOS habis atau BIOS di-reset)

— Kerusakan pada sektor boot Windows

— Salah pengoperasian hard disk

Tampilan layar yang disertai pesan error 0xc000000f akan berbeda-beda, hal itu tergantung pada file yang rusak dan sistem yang terinstal. Pada Windows 7 layar akan berwarna hitam, kode error dan info mengenai penyebabnya akan ditampilkan. Sedangkan pada Windows 8 (8.1) atau Windows 10, layar error 0xc000000f akan berwarna biru, kode error dan info mengenai penyebabnya juga akan ditampilkan.

Untuk mengatasi error 0xc000000f, kita akan mencoba beberapa cara, dari mulai cara yang sederhana hingga cara yang rumit.

Cara Mengatasi Error 0xc000000f – Mengecek prioritas boot BIOS

Pada cara yang paling sederhana ini kita hanya perlu masuk ke pengaturan parameter boot dan mengatur prioritas boot sistem. Pertama, restart perangkat Anda dan saat menyalakannya tekan tombol Del (atau F1, F8, dll – tombolnya mungkin berbeda, tergantung vendor pembuat perangkat Anda).

Setelah Anda berhasil masuk BIOS, masuk ke tab Boot dan buka parameter Boot Sequence (atau Boot Device Priority, Set Boot Priority, dll.). Pilih hard disk Anda sebagai prioritas booting pertama (1st Boot Device), kemudian save dan restart perangkat.

Cara Mengatasi Error 0xc000000f – Acronis Startup Recovery Manager

Jika cara di atas belum dapat mengatasi error, kita akan mencoba cara berikutnya. Me-recovery booting bisa dimulai dengan 2 cara:

— Windows 7 – jika ada instalasi distribusi, Anda bisa melakukan booting dari itu dan dalam parameter System Restore pilih Startup Repair.

— Windows 8 (8.1) atau 10 – pada tampilan layar error, Anda memiliki beberapa pilihan yang salah satunya adalah pilihan recovery.

Setelah kita masuk ke jendela pilihan Advanced Parameters, Anda perlu memulai Acronis Startup Recovery Manager.

Cara Mengatasi Error 0xc000000f – Cek hard disk

Anda perlu masuk ke layar Advanced Options dan pilih Command Prompt.

Di jendela perintah yang muncul, Anda perlu mengetik “Chkdsk / f / r” (tanpa tanda petik) – kode perintah ini berfungsi untuk memeriksa hard disk dari kesalahan, sekaligus memperbaikinya jika memungkinkan.

Jika jendela Command Prompt tidak terbuka (komputer me-restart, hang, dll) Anda perlu melakukan booting dari media instalasi Windows 8 atau 10, dan pada layar awal tekan Shift + F10. Sekarang jendela CMD akan terbuka dan Anda bisa memasukkan kode perintah di atas.

Cara Mengatasi Error 0xc000000f – Boot sector

Jika berbagai langkah di atas belum mampu menghilangkan error 0xc000000f saat boot, dan mengarahkan ke \ Boot \ BCD, maka kemungkinan besar boot sector mengalami corrupt. Hal itu bisa jadi disebabkan oleh serangan virus, kegagalan sistem, penurunan tegangan listrik, dll.

Untuk me-restore Windows boot, Anda perlu menggunakan jendela Command Prompt dan memasukkan sejumlah kode :

— Pertama, coba pulihkan boot sector yang lama “bootrec / Fixboot” – setelah mengetik perintah tersebut, restart perangkat

— Jika perintah tersebut tidak berfungsi berarti kita akan memindai Windows dengan memasukkan perintah “bootrec / scanOs”

— Dan membuat ulang area booting “bootrec / RebuildBcd”

Dalam kasus yang parah, jika tindakan-tindakan di atas tidak membantu, cobalah kode “bootrec.exe / FixMbr” atau “bootrec.exe / nt60 all / force”

Jika error 0xc000000f masih belum hilang, terpaksa Anda harus menginstal ulang Windows.

Itulah artikel mengenai Cara Mengatasi Error 0xc000000f. Semoga berhasil.

Cara Mengatasi Error 0xc000000f | UG_Admin | 4.5