Cara Mengatasi Error 0xc0000221

UlasanGame.com – Setelah membahas
Cara Mengatasi Error 0x8009002d, kali ini admin akan membahas tentang Cara Mengatasi Error 0xc0000221. Biasanya error 0xc0000221 muncul saat komputer gagal melakukan booting.

Cara Mengatasi Error 0xc0000221
Cara Mengatasi Error 0xc0000221

Kode error yang dimulai dengan ‘0x’, umumnya berkaitan dengan kerusakan sistem. Namun, khusus untuk kode error 0xc0000221 ini kemungkinan sumber masalahnya berasal dari hardware.

Penyebab error 0xc0000221

Berikut ini beberapa faktor yang bisa menyebabkan error
0xc0000221 :

>> Mungkin Anda baru mengganti RAM atau menghubungkan HDD.

>> Mungkin masalahnya berasal dari GPU sekunder, contohnya pengaturan SLI atau CrossFire.

>> Mungkin power supply tidak mampu memberikan daya yang cukup.

>> Mungkin file sistem rusak.

>> Mungkin layanan pihak ketiga mengganggu startup.

Cara Mengatasi Error 0xc0000221

Untuk mengatasi error tersebut, sebaiknya Anda mencoba beberapa cara di bawah ini secara berurutan. Jadi, jika cara yang pertama tidak berhasil, lanjutkan ke cara berikutnya hingga Anda menemukan solusi yang paling tepat.

— Cara 1 : Booting dalam Safe Mode

Cara Mengatasi Error 0xc0000221 yang pertama adalah melakukan booting dalam mode aman atau safe mode, berikut ini panduannya.

>> Jika komputer masih bisa menyelesaikan proses booting secara normal, silahkan buka tab Settings Recovery dengan membuka “Run” (tombol Windows + R) dan ketik “ms-settings:recovery”. Kemudian, cukup klik tombol “Restart Now” di bawah “Advanced startup”. Komputer akan melakukan restart dan langsung ke menu “Advanced Startup Options”.

>> Dari layar “Advanced Startup Options”, pilih “Troubleshoot” dan klik pada opsi “Advanced”.

>> Di dalam opsi “Advanced”, klik “Startup Setting” dan klik tombol Restart.

>> Ketika Anda kembali ke “Startup Setting”, tekan F4, F5 atau F6 untuk memilih salah satu dari tiga Mode Aman yang tersedia.

>> Jika komputer berhasil booting ke Safe Mode, kemungkinan ada aplikasi baru yang terinstal dan menyebabkan BSOD. Jika itu yang terjadi, Anda dapat menghapus aplikasi atau software tersebut.

— Cara 2 : Lakukan pemindaian SFC, CHKDSK dan DISM

Cara Mengatasi Error 0xc0000221 yang berikutnya adalah dengan mencoba men-scan SFC, CHKDSK, dan DISM

Sekarang mari kita pastikan bahwa kode error 0xc0000221 tidak disebabkan oleh kerusakan file sistem. Untuk melakukan pemindaian SFC dan DISM, ikuti langkah berikut :

>> Tekan tombol Windows + R untuk membuka kotak dialog “Run”. Kemudian, ketik “cmd” (tanpa tanda petik) dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt.

>> Pada Command Prompt, ketikkan perintah berikut untuk memulai pemindaian SFC: “sfc /scannow” (tanpa tanda petik). #Catatan : Utilitas ini akan memindai sistem dan mengganti file Windows yang rusak.

>> Setelah proses selesai, restart komputer Anda untuk melihat apakah kode error 0xc0000221 masih muncul atau tidak. Jika masih, ikuti langkah di atas untuk kembali ke Command prompt dan ketik perintah berikut: “chkdsk /f C:” (tanpa tanda petik). #Catatan : Langkah ini berfungsi untuk melakukan analisis pada disk dan memperbaiki kesalahan jika ditemukan.

>> Jika setelah direstart error tetap muncul, kembali ke Command Prompt dan ketik perintah berikut: “dism /online /clean-image /restorehealth” (tanpa tanda petik). #Catatan : Utilitas ini akan mengganti file Windows yang rusak dengan salinan baru yang diunduh dari server Microsoft. Jadi pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil sebelum memulai pemindaian ini.

— Cara 3 : Periksa RAM

Cara Mengatasi Error 0xc0000221 yang ketiga adalah dengan mengecek RAM. RAM bisa juga menyebabkan error 0xc0000221. Namun masalah pada RAM cukup sulit untuk diidentifikasi.

Cara termudah untuk mengetahui apakah RAM memang menjadi penyebab error atau bukan adalah dengan mencopot salah satu RAM (jika Anda menggunakan dua slot RAM).

Jika komputer tidak mengalami error saat menggunakan satu RAM, coba tukar posisi kedua RAM. Error kadang terjadi saat memori yang lebih cepat ditempatkan di belakang memori yang lebih lambat.

— Cara 4 : Copot GPU sekunder dan HDD eksternal atau SSD

Cara Mengatasi Error 0xc0000221 yang berikutnya adalah dengan mencopot
GPU sekunder dan HDD eksternal atau SSD. Bisa jadi error tersebut muncul karena power supply tidak memiliki cukup daya untuk menopang semua perangkat yang terhubung.

Setelah dicopot, nyalakan komputer dan lihat apakah komputer berhasil melakukan booting tanpa menampilkan kode error 0xc0000221.

— Cara 5 : Gunakan System Restore Point

Cara Mengatasi Error 0xc0000221 yang terakhir adalah dengan menggunakan system restore point.

System Restore adalah fitur Windows yang memungkinkan Anda untuk memperbaiki beragam “crash” dan mengembalikannya ke kondisi normal.

>> Tekan tombol Windows + R untuk membuka kotak dialog “Run”. Kemudian, ketik “rstrui” dan tekan Enter untuk membuka wizard system restore.

>> Di layar restore system pertama, klik Next untuk melanjutkan ke bagian Restore Point.

>> Berikutnya, pastikan untuk mencentang kotak kecil yang bertuliskan “Show more restore points” untuk melihat setiap titik Pemulihan yang tersedia.

>> Kemudian, pilih restore point/titik pemulihan sebelum tanggal munculnya kode kesalahan 0xc0000221 dan klik tombol Next.

>> Klik Selesai dan konfirmasi waktu terakhir dengan mengklik Yes untuk memulai proses Pemulihan Sistem.

Jika 5 Cara Mengatasi Error 0xc0000221 yang telah admin sebutkan di atas, belum mampu mengatasi masalah. Terpaksa Anda harus melakukan instal ulang.

Cara Mengatasi Error 0xc0000221 | UG_Admin | 4.5