Cara Mengatasi Error 502 Bad Gateway

UlasanGame.com – Setelah membahas Cara Mengatasi Error 403 Forbidden, kali ini admin akan membahas tentang Cara Mengatasi Error 502 Bad Gateway. Apa itu Error 502 Bad Gateway?
Error ini berarti bahwa server web tempat Anda terhubung, bertindak sebagai proxy untuk menyampaikan informasi dari server lain, tetapi mendapat respons yang buruk dari server tersebut.

Cara Mengatasi Error 502 Bad Gateway

Cara Mengatasi Error 502 Bad Gateway

Error 502 Bad Gateway bisa disebabkan oleh sejumlah hal. Misalnya, ada kemungkinan bahwa server mengalami kelebihan muatan, ada masalah jaringan antara kedua server, ada firewall yang dikonfigurasi secara tidak benar, atau bahkan kesalahan pengkodean. Error ini tidak akan hilang dengan sendirinya. Jadi untuk Anda yang mengalami masalah ini, dapat mencoba beberapa tips Cara Mengatasi Error 502 Bad Gateway berikut.

1. Periksa apakah orang lain juga melihat error ini

Kapan pun Anda kesulitan membuka suatu situs, Anda dapat memeriksa apakah mungkin sedang mengalami masalah koneksi atau ternyata orang lain juga mengalami masalah yang sama. Untuk mengetahuinya, silahkan buka alamat URL isitdownrightnow.com dan downforeveryoneorjustme.com.

Jika Anda mendapatkan laporan yang mengatakan bahwa situs ini tidak dapat diakses untuk semua orang, tidak ada yang dapat Anda lakukan selain mencoba kembali nanti. Tapi jika laporan menunjukkan bahwa situs “up”, maka masalahnya mungkin ada pada Anda.

2. Coba browser lain

Browser Anda juga bisa menjadi penyebab error. Untuk itu, coba ganti browser Anda seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Apple Safari, atau Microsoft Edge. Namun jika Anda tetap melihat Error 502 Bad Gateway meski sudah mencoba browser lain, berarti sumber masalahnya bukan berasal dari browser.

3. Hapus cache dan cookies browser

Jika setelah mengganti browser lain dapat menghilangkan error, mungkin browser utama Anda telah men”cache” file yang kedaluwarsa atau rusak sehingga menyebabkan Error 502 Bad Gateway. Untuk itu coba hapus cache browser utama Anda.

4. Periksa plugin dan ekstensi

Jika Anda menggunakan ekstensi di browser, mungkin itu yang menyebabkan masalah. Coba nonaktifkan semua ekstensi Anda. Jika error tidak muncul setelah Anda melakukan langkah ini, maka kemungkinan salah satu plugin pada browser yang memicu error.

5. Restart perangkat

Jika setelah mencoba langkah-langkah di atas belum mampu menyelesaikan masalah, mungkin ada kesalahan pada komputer atau peralatan jaringan Anda (Wi-Fi, router, modem, dll.). Dengan merestart komputer dan perangkat jaringan Anda, mungkin bisa membantu memperbaiki masalah ini.

6. Ubah server DNS Anda

Terkadang, masalah DNS juga dapat menyebabkan Error 502 Bad Gateway. Server DNS Anda mungkin sudah diatur oleh ISP, namun Anda dapat mengubahnya ke server DNS pihak ketiga seperti OpenDNS atau Google DNS.

Itulah artikel mengenai Cara Mengatasi Error 502 Bad Gateway. Semoga bermanfaat.

Cara Mengatasi Error 502 Bad Gateway | UG_Admin | 4.5