Cara Mengatasi Error Code 19

UlasanGame.com – Setelah membahas Cara Mengatasi Error NTLDR is Missing, kali ini admin akan membahas tentang Cara Mengatasi Error Code 19. Error code 19 adalah salah satu error yang berhubungan dengan device manager. Error ini disebabkan oleh adanya masalah pada bagian Windows Registry yang berisi driver dan informasi lain tentang perangkat hardware tertentu. Rincian tentang kode error device manager seperti code 19 dapat dilihat di area device status dalam device properties.

Cara Mengatasi Error Code 19

Cara Mengatasi Error Code 19

Error Code 19 dapat berlaku untuk semua hardware di Device Manager, namun sebagian besar error code 19 muncul pada drive optik seperti drive DVD/CD, perangkat USB, dan keyboard. Setiap sistem operasi Microsoft dapat mengalami error ini, termasuk Windows 10, Windows 8, Windows 7, Windows Vista, dan Windows XP.

Cara Mengatasi Error Code 19

1. Restart komputer.

Selalu ada kemungkinan bahwa kesalahan Code 19 yang Anda lihat hanya sebuah kebetulan atau masalah sementara. Jika demikian, dengan me-restart komputer mungkin sudah dapat memperbaiki error tersebut.

2. Apakah Anda memasang perangkat baru atau melakukan perubahan di Device Manager sebelum mengalami error code 19? Jika iya, bisa jadi perubahan yang Anda buat tersebut menyebabkan error. Batalkan perubahan jika memungkinkan, restart PC, dan periksa apakah error masih muncul atau tidak.

Bergantung pada perubahan yang Anda buat, beberapa solusi di bawah ini mungkin dapat membantu :

— Menghapus atau mengkonfigurasi ulang perangkat yang baru dipasang.

— Mengembalikan perubahan registri yang Anda buat.

— Mengembalikan driver ke versi sebelumnya.

3. Hapus nilai registri UpperFilters dan LowerFilters.

Salah satu penyebab error code 19 adalah rusaknya dua nilai registri dalam kunci registri kelas DVD/CD-ROM.

Catatan : Menghapus nilai yang serupa di Windows Registry juga bisa memperbaiki error code 19 yang muncul pada perangkat keras selain dari DVD/CD drive.

4. Hapus Apple iTunes melalui Control Panel atau melalui program uninstaller.

iTunes juga bisa menjadi salah satu penyebab error code 19. Jika menghapus iTunes berhasil mengatasi error, Anda dapat mencoba menginstalnya lagi dari awal.

5. Pasang ulang driver perangkat.

Menginstal ulang driver perangkat yang mengalami error code 19 adalah solusi yang bisa Anda coba.

6. Perbarui driver perangkat.

Instal driver terbaru dari produsen resmi juga dapat mengatasi error code 19. Jika memperbarui driver berhasil menjadi solusi, berarti ada masalah dengan driver yang disimpan Windows.

7. Gunakan System Restore untuk mengembalikan driver perangkat dan konfigurasi registri.

Pastikan untuk memilih titik pemulihan dari tanggal dan waktu sebelum error muncul.

8. Ganti hardware.

Sebagai upaya terakhir, Anda mungkin perlu mengganti hardware yang mengalami error code 19. Ada juga kemungkinan perangkat Anda tidak kompatibel dengan versi Windows. Anda dapat memeriksa HCL Windows untuk memastikannya.

Itulah artikel mengenai Cara Mengatasi Error Code 19. Semoga bermanfaat.

Cara Mengatasi Error Code 19 | UG_Admin | 4.5