Cara Mengatasi Error Direct3D

UlasanGame.com – Setelah membahas Cara Mengatasi Error IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL, kali ini admin akan membahas tentang Cara Mengatasi Error Direct3D. Banyak game komputer dan beberapa program pemodelan 3D, bergantung pada komponen Direct3D DirectX untuk membuat grafis. Jika file DirectX atau driver grafis komputer Anda bermasalah, maka hal itu berpotensi menyebabkan crash atau program tidak akan bisa terbuka.

Cara Mengatasi Error Direct3D

Cara Mengatasi Error Direct3D

Untungnya, Windows telah menyertakan alat untuk menguji instalasi DirectX. Anda dapat mengatasi sebagian besar masalah yang berhubungan dengan Direct3D, melalui hardware acceleration atau mengupdate DirectX dan driver VGA Anda.

Ikuti langkah-langkah berikut ini :

Untuk mengecek instalasi DirectX

1. Tekan tombol “Windows + R” dan ketik dxdiag untuk menjalankan DirectX Diagnostic Tool.

2. Buka tab “Display” untuk melihat status Direct3D dan komponen grafis lainnya di DirectX.

3. Baca kotak “Notes” untuk mengetahui apakah ada error pada Direct3D. Jika DirectX terinstal dengan benar, maka Anda akan melihat “No problems found”

4. Baca baris “Feature Levels” di bagian driver untuk melihat versi DirectX yang didukung kartu VGA Anda. Program yang memerlukan versi lain tidak akan bekerja di komputer Anda.

5. Periksa bagian fitur DirectX untuk memastikan setiap baris “Enabled.” Jika ada baris yang tidak enabled, Anda perlu untuk mengaktifkan hardware acceleration

Mengaktifkan hardware acceleration

6. Klik kanan pada layar desktop, kemudian pilih “Screen Resolution.”

7. Klik “Advanced Settings”.

8. Buka tab “Troubleshooting” dan klik “Change Settings.” Masukkan password administrator jika diminta.

9. Geser pilihan “Hardware Acceleration” menjadi “Full”.

Update DirectX dan Driver

10. Jalankan Windows Update dari Control Panel untuk menginstal pembaruan DirectX 11. Pada Windows 8, Windows Update adalah satu-satunya metode untuk mengupdate DirectX 11. Sedangkan pada Windows 7 atau Vista, Anda bisa mendownload pembaruannya secara manual.

11. Download dan buka DirectX End-User Runtime Web Installer untuk memperbarui DirectX 9. DirectX 9 terinstal dan berjalan secara terpisah dari DirectX 11.

12. Instal DirectX 9 versi bulan Juni 2010. Installer offline ini mencakup setiap update DirectX 9 dan akan menginstal ulang salinan yang ada.

13. Perbarui driver VGA Anda, baik melalui Windows Update atau dengan mendownload driver langsung melalui situs resminya.

Tips :

— Pada komputer yang menggunakan Optimus untuk beralih antara grafis Nvidia dan Intel yang terintegrasi, Anda mungkin perlu untuk memperbarui drivernya.

— Jika program tertentu mengalami masalah saat menjalankan komputer dengan Optimus, buka Nvidia Control Panel, klik “Manage 3D Settings” dan pilih program di tab “Program Settings”.

Itulah artikel mengenaiĀ Cara Mengatasi Error Direct3D. Semoga bermanfaat.

Cara Mengatasi Error Direct3D | UG_Admin | 4.5