Cara Mengatasi Error PXE-E61 Media Test Failure

UlasanGame.com – Setelah membahas Cara Mengatasi 500 Internal Server Error, kali ini admin akan membahas tentang Cara Mengatasi Error PXE-E61 Media Test Failure. Error PXE-E61 berkaitan dengan Preboot eXecution Environment (PXE) yang didukung oleh beberapa motherboard. PXE adalah mode boot khusus, sehingga memungkinkan komputer untuk mencari dan memuat sistem operasi yang dapat dibooting melalui jaringan dan bukan dari hard drive lokal.

Cara Mengatasi Error PXE-E61 Media Test Failure

Cara Mengatasi Error PXE-E61 Media Test Failure

Biasanya pengguna mengalami error PXE-E61 pada komputer yang secara tidak sengaja mencoba untuk melakukan boot ke perangkat jaringan yang tidak ada. Hal ini sering disebabkan oleh pengaturan yang salah pada konfigurasi BIOS.

Beberapa pesan error yang berkaitan dengan PXE, antara lain :

— PXE-E61 : Media test failure, check cable

— PXE-M0F : Exiting Intel Boot Agent.

— PXE-M0F : Exiting Intel PXE ROM.

— No Boot Device Found. Press any key to reboot the machine.

Cara Mengatasi Error PXE-E61 Media Test Failure

1. Ubah urutan pertama booting di BIOS menjadi hard drive, bukan jaringan. Ini akan memaksa BIOS untuk mencari sistem operasi yang terpasang pada hard drive lokal.

2. Akses BIOS dan pastikan bahwa hardisk terdeteksi. Anda mungkin melihat error PXE-E61 saat komputer mencoba melakukan booting ke hard drive yang tidak tersambung atau rusak. Jika BIOS tidak mendeteksi hard drive, sebaiknya matikan komputer dan periksa apakah kabel HDD sudah terpasang dengan benar.

Catatan : Jika kabel sudah tersambung dengan benar namun hard drive masih belum terdeteksi, Anda mungkin perlu mengganti hard drive.

3. Jika Anda mencoba melakukan booting dari perangkat USB seperti hard drive eksternal, pastikan bahwa perangkat dapat di-boot. Jika tidak, BIOS akan mencari perangkat lain untuk proses booting dan mungkin mencoba menggunakan jaringan, sehingga terjadi error PXE-E61.

Anda bisa menggunakan aplikasi seperti Rufus untuk membuat perangkat USB bootable. Selain itu, periksa ulang urutan booting apakah sudah benar dan coba gunakan port USB lain.

4. Masuk ke BIOS dan nonaktifkan PXE jika Anda benar-benar tidak ingin menggunakannya. Biasanya tertulis Boot to Network atau Ethernet pada menu Boot.

5. Jika Anda ingin menggunakan PXE untuk boot perangkat jaringan, pastikan bahwa kabel jaringan terpasang dengan benar. Jika tidak ada koneksi yang solid, PXE tidak dapat berkomunikasi melalui jaringan dan akan menghasilkan error PXE-E61.

6. Perbarui driver kartu jaringan untuk memperbaiki kesalahan PXE-E61. Driver yang kadaluarsa, hilang, atau rusak dapat mencegah komputer untuk mengakses jaringan sehingga membuat PXE tidak bekerja dengan semestinya.

Catatan : Karena kemungkinan besar Anda tidak bisa boot ke komputer untuk memperbarui driver jaringan, cobalah masuk ke Safe Mode terlebih dahulu atau ubah urutan booting untuk menggunakan hard drive lokal. Setelah memperbarui driver kartu jaringan, coba kembalikan booting sesuai keinginan Anda.

Itulah artikel mengenai Cara Mengatasi Error PXE-E61 Media Test Failure. Semoga bermanfaat.

 

Cara Mengatasi Error PXE-E61 Media Test Failure | UG_Admin | 4.5