Cara Mengatasi Error SYSTEM SERVICE EXCEPTION

UlasanGame.com – Kali ini kita akan membahas tentang Cara Mengatasi Error SYSTEM SERVICE EXCEPTION. Salah satu error yang sering dialamin oleh pengguna Windows adalah Blue Screen of Death (BSoD) SYSTEM_SERVICE_EXCEPTION yang disertai tulisan “PC Anda mengalami masalah dan perlu di-reboot. Kami mengumpulkan beberapa informasi mengenai kesalahan tersebut, dan reboot akan otomatis dilakukan.”

Cara Mengatasi Error SYSTEM SERVICE EXCEPTION

Cara Mengatasi Error SYSTEM SERVICE EXCEPTION

Penyebab error

Error SYSTEM_SERVICE_EXCEPTION paling sering disebabkan oleh hardware yang rusak atau drivernya yang bermasalah. Dalam beberapa kasus, error ini muncul saat pengguna memainkan game (dengan pesan kesalahan SYSTEM_SERVICE_EXCEPTION pada dxgkrnl.sys, nvlddmkm.sys, atikmdag.sys), saat membuka file program jaringan (dengan pesan kesalahan netio.sys) atau saat menjalankan Skype (dengan pesan kesalahan ks.sys).

Mungkin pada awalnya komputer berjalan normal dan Anda juga tidak pernah menginstal driver baru, Lalu kenapa error SYSTEM_SERVICE_EXCEPTION bisa muncul? Bagi Anda yang menggunakan Windows 10, bisa jadi error tersebut disebabkan oleh fitur auto update (Windows 10 memiliki fitur update driver secara otomatis).

Cara Mengatasi Error SYSTEM SERVICE EXCEPTION

Dalam beberapa kasus, ketika blue screen muncul disertai dengan error tersebut, terdapat pesan yang menunjukkan file penyebab error (file tersebut berformat .sys). Namun jika file penyebab error tidak disebutkan, Anda harus melihat informasi tersebut di dump memori. Untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan program BlueScreenView yang dapat didownload dari situs http://www.nirsoft.net/utils/blue_screen_view.html.

Setelah menjalankan BlueScreenView, cari informasi tentang error terakhir (daftar di bagian atas jendela program) dan perhatikan file-file tersebut. Tapi jika daftar “Dump Files” kosong, maka bisa jadi Anda telah menonaktifkan pembuatan memori dump bila terjadi kesalahan.

Jika nama file dapat ditemukan (silahkan mencari nama file penyebab error di Internet), atau driver mana yang bermasalah. Anda dapat menghapus atau menginstal versi lain dari driver tersebut.

Cara lain untuk memperbaiki error

Jika cara di atas belum mampu menghilangkan error SYSTEM SERVICE EXEPTION, Anda dapat mencoba langkah-langkah berikut ini :

1. Jika error muncul setelah Anda menginstal software anti-virus, firewall, ad blocker, atau software lain yang berfungsi untuk melindungi komputer dari ancaman, silahkan uninstall software tersebut dan restart komputer Anda.

2. Instal update Windows 10 terbaru (klik kanan pada tombol Start – Settings – Update and Security – Windows Update – Periksa tombol update)

3. Gunakan recovery point untuk mengembalikan sistem ke titik normal (sebeum mengalami error)

4. Jika Anda tahu driver mana yang kira-kira menjadi penyebab masalah, jangan mengupdate atau menginstallnya kembali. Lebih baik gunakan fitur rollback (masuk ke device properties di device manager dan gunakan tombol “rollback” pada tab “driver”).

5. Terkadang error juga bisa disebabkan oleh kerusakan pada harddisk atau RAM. Jadi jika Anda memiliki lebih dari satu kartu memori yang terpasang, Anda dapat mengetes kartu memori tersebut satu persatu.

6. Periksa file sistem Windows.

7. Selain software BlueScreenView yang telah disebutkan di atas, Anda juga dapat menggunakan software WhoCrashed yang berfungsi untuk menganalisis dump memori dan terkadang dapat memberikan informasi mengenai modul yang menyebabkan masalah.

8. Terkadang juga, yang menjadi penyebab error SYSTEM SERVICE EXEPTION bukan dari driver hardware-nya, namun bisa jadi hardware itu sendiri yang tidak terhubung dengan baik atau rusak.

Itulah artikel mengenai Cara Mengatasi Error SYSTEM SERVICE EXCEPTION. Semoga beberapa tips di atas dapat membantu Anda memecahkan masalah tersebut. Semoga berhasil.

Cara Mengatasi Error SYSTEM SERVICE EXCEPTION | UG_Admin | 4.5