Cara Mengatasi Error The Driver Being Installed Is Not Validated For This Computer

UlasanGame.com – Setelah membahas Cara Mengatasi Error Screen Overlay Detected di Android, kali ini admin akan membahas tentang Cara Mengatasi Error The Driver Being Installed Is Not Validated For This Computer. Kadang kala driver grafis Intel tidak bisa diinstal meskipun komputer telah menggunakan chip grafis Intel. Jika melihat pesan error ini, berarti produsen komputer ingin agar Anda menginstal driver dari situs web mereka, bukan langsung dari Intel. Walaupun sebenarnya ada cara untuk mengabaikan pesan error ini dan tetap menginstal driver Intel.

Cara Mengatasi Error The Driver Being Installed Is Not Validated For This Computer

Cara Mengatasi Error The Driver Being Installed Is Not Validated For This Computer

Mengapa produsen mencegah Anda memasang driver?

Ketika melihat pesan error “The driver being installed is not validated for this computer. Please obtain the appropriate driver from the computer manufacturer. ” dan proses instalasi berhenti, itu berarti produsen komputer Anda telah mengubah pengaturan pada driver grafis Intel yang sebelumnya telah dipasang.

Sayangnya, ada satu masalah yang perlu diperhatikan. Produsen sering kali tidak menyediakan update driver grafis. Padahal Anda mungkin memerlukan driver grafis terbaru untuk memperbaiki bug atau meningkatkan kinerja komputer ketika digunakan untuk bermain game.

Produsen mengaktifkan pengaturan ini karena mereka terlalu berhati-hati. Mereka hanya mengizinkan driver yang telah diuji untuk dapat berjalan di komputer Anda.

#Peringatan : Ada satu kasus di mana Anda harus lebih berhati-hati ketika hendak melakukan ini. Jika komputer Anda memiliki pengaturan GPU ganda dengan kedua grafis terintegrasi Intel dan kartu grafis NVIDIA atau AMD, maka memperbarui driver Intel dapat menimbulkan masalah. Sebaiknya jagan mengotak-atik driver Intel Anda dalam situasi ini.

Cara Mengatasi Error The Driver Being Installed Is Not Validated For This Computer dengan melakukan instalasi driver secara manual

Untuk melakukannya, Anda hanya perlu menginstal driver Intel secara manual melalui Device Manager. Setelah melakukannya, Anda dapat menginstal driver Intel secara normal di masa mendatang.

Pertama-tama, Anda harus mendownload driver grafis. Download versi .zip dari situs web Intel. Ekstrak file zip yang tadi Anda download ke suatu folder. Anda dapat melakukannya dengan cara mengklik kanan file zip dan memilih “Extract All”.

Sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya, Anda harus membuat Windows menampilkan ekstensi nama file. Hal  tersebut bertujuan untuk memudahkan Anda menemukan file penting. Pada Windows 10, buka File Explorer, klik tab “View” di ribbon bar, dan centang kotak “File name extensions”. Sedangkan pada Windows 7, buka Windows Explorer dan klik “Organize” > “Folder” dan opsi pencarian > “View”. Hapus centang pada kotak “Hide extensions for known file types” dan klik “OK”.

Selanjutnya, Anda harus membuka Device Manager. Pada Windows 10, klik kanan tombol Start dan klik “Device Manager”. Pada Windows 7, tekan Windows + R, ketik “devmgmt.msc”, dan tekan Enter.

— Perluas bagian “Display adapters” di Device Manager, klik kanan “Intel (R) HD Graphics”, dan pilih “Properties”.

— Klik tab “Driver” di jendela properti dan klik tombol “Update Driver”.

— Klik “Browse my computer for driver software”.

— Klik “Let me pick from a list of available drivers on my computer”.

— Klik tombol “Have Disk” di sudut kanan bawah jendela.

— Klik tombol “Browse” di jendela “Install From Disk”.

— Arahkan ke folder tempat Anda mengekstrak driver tadi dan klik dua kali subfolder “Graphics” di dalamnya.

— Klik dua kali file “igdlh64.inf” jika Anda menggunakan Windows versi 64-bit, atau klik dua kali file “igdlh32.inf” jika Anda menggunakan Windows versi 32-bit.

— Klik “OK” dan Anda akan melihat driver Intel yang Anda pilih muncul sebagai opsi di daftar driver yang tersedia. Klik tombol “Next” untuk menginstalnya.

— Windows akan menginstal driver dan memberi tahu Anda jika sudah selesai. Sebaiknya restart komputer setelahnya.

Anda hanya perlu melakukan proses ini satu kali. Setelah driver Intel standar diinstal, Anda dapat mengunduh driver baru dari situs web Intel dan menginstalnya langsung dengan menjalankan installer standar .exe.

Itulah artikel mengenai Cara Mengatasi Error The Driver Being Installed Is Not Validated For This Computer. Semoga bermanfaat.

Cara Mengatasi Error The Driver Being Installed Is Not Validated For This Computer | UG_Admin | 4.5