Cara Mengatasi Error Unsupported Disk Layout for UEFI Firmware

UlasanGame.com – Setelah membahas Cara Mengatasi Error 04-800705b4, kali ini kita akan membahas tentang Cara Mengatasi Error Unsupported Disk Layout for UEFI Firmware. Masalah yang umumnya dihadapi oleh pengguna saat mencoba untuk memperbarui Windows 10 adalah munculnya error “Unsupported Disk Layout for UEFI Firmware”. Kesalahan ini pada dasarnya menandakan bahwa struktur partisi hard drive Anda tidak didukung oleh versi Windows 10 yang ingin Anda upgrade.

Cara Mengatasi Error Unsupported Disk Layout for UEFI Firmware

Cara Mengatasi Error Unsupported Disk Layout for UEFI Firmware

Error ini dapat diatasi dengan membuat Microsoft Reserved Partition (MSR) yang digunakan pada disk Unified Extensible Firmware Interface (UEFI) / GUID Partition Table (GPT). Untuk lebih jelasnya, admin akan menuliskan tutorial Cara Mengatasi Error Unsupported Disk Layout for UEFI Firmware di bawah ini.

1. Jalankan Command Prompt (sebagai Administrator)

Buka Start > All Apps > Windows System. Kemudian klik kanan pada Command Prompt > More > Run as administrator. Langkah tersebut berfungsi untuk menjalankan Command Prompt dalam mode administrator. Sekarang Anda bisa mulai mengetikkan perintah.

2. Jalankan Diskpart.exe dan Buat Partisi MSR.

— Buka Diskpart.exe dengan cara mengetik “diskpart” (tanpa tanda petik) dan Enter

— Ketik “list disk”. Setelahnya, Anda akan melihat semua disk yang tersedia. Jika ada tanda * di bawah GPT, maka itu berarti bahwa sistem Anda menggunakan struktur partisi GPT dan Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya. Jika tidak, maka hard drive Anda perlu dikonversi ke format GPT dan diperlukan instalasi Windows 10 secara total.

— Sekarang jalankan perintah berikut secara berurutan :

• select disk # (di mana # adalah nomor disk aktual seperti yang ditampilkan dalam daftar disk pada langkah di atas)

• list partition – langkah ini akan menampilkan semua partisi pada disk yang dipilih

• create partition msr size = 128 – perintah ini akan membuat sebuah partisi berukuran 128 MB (ukuran yang direkomendasikan oleh Microsoft)

• list partition – lihat apakah partisi telah berhasil dibuat

• exit – tutup diskpart.exe dan command prompt

3. Coba Upgrade Windows 10

Sekarang Anda bisa mencoba untuk meng-upgrade ulang sistem operasi Windows 10. Jika Anda mengalami masalah dan tidak dapat melakukan langkah-langkah di atas, lebih baik Anda mencadangkan semua data pribadi, kemudian melakukan instal ulang dan membiarkan proses instalasi Windows memformat disk menjadi GPT.

Itulah artikel mengenai Cara Mengatasi Error Unsupported Disk Layout for UEFI Firmware. Semoga bermanfaat.

Cara Mengatasi Error Unsupported Disk Layout for UEFI Firmware | UG_Admin | 4.5