Cara Mengatasi Kernel Error 41

UlasanGame.com – Setelah membahas Cara Mengatasi Error api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll, kali ini admin akan membahas tentang Cara Mengatasi Kernel Error 41. Di sejumlah forum internet, banyak pengguna yang sedang mengalami masalah pada perangkat komputernya. Mereka menyebutkan bahwa komputer tiba-tiba “nge-hang” alias tidak berfungsi dan terpaksa harus melakukan hard reset agar bisa kembali normal.

Cara Mengatasi Kernel Error 41

Cara Mengatasi Kernel Error 41

Dalam beberapa kasus, komputer juga disertai suara berdengung yang keras. Ternyata permasalahan tersebut terkait dengan sistem operasi Windows 10. Untuk memperbaikinya, ada beberapa hal yang dapat Anda coba.

Sebelum memulai tutorial, perlu dicatat bahwa langkah-langkah berikut ditujukan untuk Kernel Error 41 {61} yang dapat Anda periksa melalui event viewer. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa tutorial ini juga dapat membantu error lain.

1. Instal ulang driver kartu VGA/kartu grafis

Uninstall driver VGA yang sekarang dan instal versi terbarunya jika tersedia.

2. Matikan perangkat audio yang tidak diperlukan atau instal ulang driver audio

Suara berdengung yang muncul bisa jadi disebabkan oleh hal ini. Perangkat audio yang jumlahnya lebih dari satu dapat menyebabkan terjadinya konflik driver sehingga memicu error.

3. Atur Power Options menjadi High Performance

Kernel Error 41 juga bisa disebabkan daya yang tidak mencukupi. Untuk itu, buka Control Panel > Hardware and Sound > Power Options. Pilih High Performance untuk menghindari fluktuasi daya.

4. Clear CMOS, update BIOS, atur ulang semuanya ke default.

Clear CMOS akan mengembalikan semuanya ke pengaturan awal. Selanjutnya, perbarui BIOS Anda dan hapus overclocking (jika pernah melakukannya).

5. Update Windows

Banyak yang melaporkan bahwa error ini terjadi setelah mereka menginstal update Windows 10 musim gugur. Jadi ada kemungkinan setelah mengupdate Windows, komputer akan kembali normal.

6. Nonaktifkan Ethernet ke mode hemat daya.

Anda dapat mencoba untuk mengaktifkan mode hemat daya.

7. Amankan semua koneksi dan pastikan Power Supply mencukupi

Power Supply yang tidak memadai atau voltase yang berfluktuasi dapat menyebabkan masalah. Selain itu, salah sambungan kabel juga bisa berpengaruh terhadap perangkat Anda.

8. Bersihkan hardware

Bersihkan hardware dari debu yang menumpuk. Banyak pengguna yang malas membersihkan “jeroan” komputer sehingga mengalami error dan “nge-hang”

9. Terlalu panas

Pastikan tidak ada komponen yang melampaui suhu yang diizinkan.

10. Jalankan tes

Anda juga dapat mencoba untuk memeriksa fungsionalitas komponen. Misalnya, gunakan MemTest86 untuk menguji RAM, AIDA64 untuk menguji CPU, dan 3DMark untuk memeriksa kartu grafis.

11. Jalankan komputer dalam mode aman

12. Pasang colokan listrik, periksa UPS Anda (jika ada)

13. Jalankan pemindaian virus secara menyeluruh

Itulah artikel mengenai Cara Mengatasi Kernel Error 41. Semoga berhasil.

Cara Mengatasi Kernel Error 41 | UG_Admin | 4.5