Masalah yang Terjadi di Xbox One

UlasanGame.com – Setelah membahas Cara Melakukan Reset Factory Konsol Xbox One, kali ini admin akan membahas tentang Masalah yang Terjadi di Xbox One. Sebenarnya Microsoft telah memperbaiki banyak bug sejak konsol ini dirilis pada tahun 2013, akan tetapi masih ada beberapa masalah yang tetap dialami oleh pengguna Xbox One.

Untuk itu, bagi Anda yang mengalami trouble pada perangkat Xbox One, silahkan lanjutkan membaca panduan Masalah yang Terjadi di Xbox One berikut ini :

Masalah yang Terjadi di Xbox One

Masalah yang Terjadi di Xbox One

1. Xbox One tidak dapat diupdate

Beberapa pengguna melaporkan terjadinya masalah ketika fase pembaruan wajib. Di waktu tertentu, konsol mereka tidak dapat mengakses mayoritas fitur Xbox One.

Solusi :

Mungkin masalahnya terletak pada Xbox One, koneksi internet, atau pada Microsoft-nya. Namun sebelum Anda menghubungi pihak Microsoft, ada beberapa langkah yang bisa Anda coba.

— Periksa koneksi internet Anda. Mungkin terjadi interupsi koneksi yang dapat menggagalkan seluruh proses.

— Coba lagi nanti. Jika Anda mengalami masalah saat mengunduh pembaruan, mungkin masalahnya terletak di Microsoft, semisal terlalu banyak pengguna atau sedang terjadi pemeliharaan server. Jika setelah beberapa jam masalah tersebut masih muncul, coba periksa halaman Status Microsoft Live.

— Jika Anda menggunakan koneksi wifi pada Xbox One dan mengalami error, coba gunakan koneksi kabel melalui Ethernet.

— Tahan tombol daya selama lima detik sampai Xbox One mati, lalu cabut kabel dan tunggu selama 30 detik. Setelah itu colokkan kembali kabel Xbone One dan nyalakan. Langkah ini akan membersihkan cache dan me-reset kartu jaringan.

— Jika pembaruan masih tidak dapat diunduh, terpaksa Anda harus menghubungi pihak Microsoft.

2. Xbox One tidak mau menyala

Beberapa pengguna juga melaporkan bahwa konsol mereka tidak mau menyala, atau menyala dalam waktu yang terbatas, kemudian mati lagi.

Solusi :

Langkah pertama, Anda harus memeriksa perangkat untuk memastikan semuanya telah terhubung dengan benar. Setelah selesai, berikutnya adalah memverifikasi apakah bata daya berfungsi dengan benar. Semua bata daya Xbox One memiliki lampu yang menandakan bahwa mereka menerima arus listrik. Jika Anda melihat cahaya oranye, maka catu daya berfungsi dengan baik. Tapi jika tidak ada cahaya atau berkedip, maka diperlukan penggantian.

— Coba colokkan power supply ke stop kontak lain.

— Jika power supply tidak menerima arus, berarti power supply rusak dan perlu diganti.

— Jika power supply berfungsi, tetapi Xbox One masih tidak mau menyala, hubungi Microsoft. Mungkin ada kerusakan dengan sistemnya.

3. Xbox One tiba-tiba mati

Masalah yang Terjadi di Xbox One berikutnya adalah Xbox One tiba-tiba matiAda juga pengguna yang melaporkan bahwa Xbox One milik mereka tiba-tiba mati.

Solusi :

Kejadian ini mungkin merupakan akibat dari kegagalan fungsi. Namun sebelum Anda menghubungi Microsoft, cobalah langkah-langkah berikut.

— Periksa ventilasi pada sistem. Jika terlalu panas, Anda akan mendapatkan pesan peringatan sebelum sistem mati. Jika memang ini penyebabnya, maka cukup matikan konsol dan tunggu setidaknya hingga satu jam. Pastikan Xbox One memiliki ventilasi yang cukup dan coba nyalakan konsol lagi. Jika error ini terus berlanjut, hubungi pihak Microsoft.

— Periksa lampu pada bata daya. Jika Anda melihat lampu berkedip atau hitam maka kemungkinan besar ini adalah masalah daya.

— Periksa apakah Xbox One Anda diatur untuk mati secara otomatis. Buka “Setting” > “Power & Supply” > “Turn off after.” Pilih opsi “Don’t Turn off Automatically”.

— Pastikan stop kontak AC Xbox One Anda berfungsi dengan baik.

4. Audio tidak berfungsi dengan benar

Ada beberapa masalah yang berkaitan dengan pengaturan audio Xbox One. Jika masalah tersebut tidak disebabkan oleh kerusakan pada perangkat keras, Anda dapat mencoba tips berikut.

Solusi :

Masalah audio bisa disebabkan beberapa hal, mulai dari pengaturan perangkat lunak hingga kesalahan koneksi. Kabar buruknya, Anda mungkin perlu membeli satu atau dua kabel baru (Anda juga bisa menghubungi Microsoft dan menunggu penggantinya).

— Langkah pertama, masuk ke “Settings” dan pilih “Display & Sound”, dari sana pilih opsi yang mencerminkan sistem Anda – baik HDMI atau Optik. Kemudian pilih format audio yang sesuai dengan sistem Anda. Jika Anda tidak tahu, pilih “Stereo Uncompressed.”

— Jika Anda sudah memastikan semuanya terhubung dengan benar. Mungkin masalahnya terletak pada kabel optik atau HDMI yang rusak. Ganti kabel tersebut dan lihat apakah error sudah teratasi atau belum.

— Jika Anda menghubungkan Xbox ke kotak TV kabel, copot semuanya dan tunggu selama 30 detik agar cache terhapus.

5. Game tidak bisa terinstal

Masalah yang Terjadi di Xbox One berikutnya adalah Game tidak bisa terinstal. Semua game Xbox One harus diinstal untuk dapat dimainkan. Namun beberapa pengguna melaporkan bahwa ketika mereka melakukan instalasi, proses instalasi tiba-tiba macet, sering kali pada 0 persen, sehingga game tidak bisa dimainkan.

Solusi :

Mungkin ada masalah pada drive optik, disk, atau koneksi jaringan.

— Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan konsol telah diperbarui dengan patch terbaru Microsoft.

— Jika Anda online, masalahnya mungkin terletak pada koneksi ke Xbox Live. Pertama, lepaskan kabel Ethernet, (jika Anda menggunakan koneksi nirkabel, nonaktifkan melalui “Settings”, kemudian tahan tombol daya selama 10 detik). Restart sistem Anda, tetapi jangan terhubung secara online. Jika penginstalan dimulai secara normal, Anda seharusnya dapat tersambung kembali ke Xbox Live. Jika masalah berlanjut, hubungi pihak Microsoft.

— Jika hanya satu game yang tidak bisa diinstal (dengan asumsi Anda menginstalnya dari disk fisik), pastikan disk bersih dan tidak rusak.

6. Kontroler tidak sinkron

Solusi :

Forum Xbox telah mengidentifikasi banyak masalah, terutama yang berhubungan dengan konektivitas dan drifting. Dalam kedua kasus tersebut, Anda harus memastikan pengontrol telah diperbarui.

— Untuk pengontrol tanpa kabel, Anda harus memastikan kontroler memiliki baterai yang berfungsi secara normal, lalu coba restart konsol. Jika cara tersebut belum memperbaiki masalah, pastikan Anda berada dalam jangkauan Kinect. Setiap pengontrol dilengkapi dengan dua lampu inframerah yang menyala ketika pengontrol berada di luar jangkauan dan sedang mencoba untuk menyambung kembali.

— Untuk kontroler biasa, pastikan telah diperbarui dan memiliki baterai yang dapat berjalan dengan normal. Kemudian, matikan dan lepaskan konsol. Langkah ini akan mengosongkan cache. Tunggu beberapa menit kemudian nyalakan konsol Anda.

7. Game sering macet

Walaupun Xbox One merupakan perangkat keras berteknologi tinggi, namun ia dapat mengalami perlambatan dan crash.

Solusi :

— Jika game macet, coba tekan tombol home di kontroler Anda untuk kembali ke dasbor. Kemudian, ketika kursor masih pada ikon permainan, tekan tombol menu, dan arahkan ke “quit”. Ini adalah metode yang lebih cepat daripada merestart konsol.

— Jika perangkat macet terus-menerus, tekan dan tahan tombol power di konsol, setidaknya selama lima detik. Pastikan konsol telah dimatikan setidaknya selama 30 detik, lalu tahan tombol beranda di pengontrol untuk mengaktifkan konsol. Konsol Anda akan memakan waktu lebih lama untuk booting, tetapi cara ini dapat memperbaiki masalah.

— Jika macet secara terus menerus saat memainkan game tertentu, maka menghapus dan menginstal ulang konten tersebut bisa menjadi solusi. Buka aplikasi dan arahkan ke game yang bermasalah. Setelah itu, tekan tombol home dan pilih uninstall. Setelah Anda menghapus permainan, cukup arahkan ke aplikasi yang dicopot di library Anda, dan instal ulang game.

— Jika metode yang telah disebutkan di atas belum berhasil memperbaiki error, Anda dapat menyetel ulang pengaturan resolusi konsol. Jika Anda memiliki disk di konsol, keluarkan. Kemudian, tekan dan tahan tombol power di konsol selama lima detik. Setelah lampu konsol tidak lagi berkedip, tahan tombol daya dan tombol keluarkan disk secara bersamaan. Tunggu hingga berbunyi bip dua kali. Selain itu, pastikan televisi Anda sudah diatur ke output AV, karena kombinasi tombol ini mengubah resolusi layar.

8. Tidak dapat terhubung ke jaringan atau Xbox Live

Masalah yang Terjadi di Xbox One berikutnya adalah Tidak dapat terhubung ke jaringan atau Xbox LiveXbox Live kadang-kadang juga mengalami gangguan.

Solusi :

Ada beberapa cara untuk memecahkan masalah ini. Pertama, periksa status Xbox Live untuk memastikan bahwa tidak ada masalah yang mengganggu konektivitas.

— Jika konsol tidak terhubung ke jaringan Anda, tetapi semua perangkat lain bisa terhubung ke internet, Anda dapat mencoba siklus daya. Tekan dan tahan tombol daya di konsol, setidaknya selama lima detik. Setelah konsol benar-benar mati dan logo Xbox tidak lagi berkedip, tekan dan tahan tombol home pada kontroller Anda untuk menyalakannya kembali.

— Matikan konsol, lalu restart modem dan router. Kemudian nyalakan konsol dan lihat apakah Anda dapat terhubung.

Itulah artikel mengenai Masalah yang Terjadi di Xbox One. Semoga bermanfaat.

Masalah yang Terjadi di Xbox One | UG_Admin | 4.5