Review Game Football Manager 2018

UlasanGame.com – Setelah membahas Review Game American Truck Simulator : New Mexico, kali ini kita akan membahas tentang Review Game Football Manager 2018. Sports Interactive setiap tahunnya merilis game Football Manager, dan tahun ini mereka telah merilis Football Manager 2018. Dalam game ini Anda dapat mengatur segala hal, mulai dari transfer pemain, membangun stadion, hingga melakukan sesi wawancara dengan para jurnalis. Khusus pada FM 2018, Sports Interactive melakukan berbagai penyempurnaan di hampir seluruh sektor. Namun yang terpenting, hadir pula penambahan fitur baru yang signifikan.

Review Game Football Manager 2018

Review Game Football Manager 2018

Review Game Football Manager 2018 (fitur baru)

Fitur baru yang kita bahas pertama kali adalah “Dynamics”. Konsep kebersamaan tim dan suasana hati pemain sebenarnya sudah dihadirkan sejak versi awal Football Manager, namun sebab dan akibat dari apa yang kita lakukan disembunyikan di balik algoritma. Kini semuanya diperlihatkan secara jelas oleh FM 2018. Misalnya, setiap interaksi manajer dengan pemain akan menghasilkan respon yang jelas, entah itu berdampak pada dukungan atau malah menuai protes.

Sedangkan tab “Hierarchy” akan lebih rinci menampilkan siapa yang menjadi pemimpin, siapa yang menjadi pemain berpengaruh besar, atau siapa yang tidak memiliki pengaruh apa-apa. Selain itu juga ada tab “Social Group” yang memberikan info mengenai kedekatan pemain satu sama lain berdasarkan parameter tertentu seperti kesamaan asal negara atau berapa lama mereka telah berada di klub.

Skuad yang harmonis pada umumnya akan memberikan pengaruh positif saat klub Anda bermain, selain itu mental pemain juga berkontribusi pada penempatan posisi pemain dan bagaimana reaksi mereka selama pertandingan. Sangat penting bagi Anda untuk mempertahankan moral tim. Jika pemain tidak senang dengan apa yang Anda lakukan saat pertandingan, atau pemain tidak menyukai respon yang Anda berikan mengenai permintaan pribadi (perpanjangan kontrak atau ingin pindah klub), maka bisa jadi Anda akan semakin sering mengalami kekalahan ketika pertandingan dan pada ujungnya Anda akan dipecat.

Review Game Football Manager 2018 (pusat medis)

Sementara itu, pusat medis pada FM 2018 mengalami peningkatan dengan hadirnya sports scientists. Fitur baru ini akan memberikan informasi penting kepada Anda tentang bagaimana pemain Anda mengalami cedera dan bagaimana cara mencegah hal itu terjadi. Melalui fitur ini, Anda akan diberi tahu tentang pemain mana yang paling berisiko mengalami cedera, sehingga Anda akan dipaksa lebih “concern” terhadap jadwal latihan dan pemilihan pemain untuk pertandingan. Anda juga dituntut untuk menyesuaikan intensitas sesi latihan setiap minggunya demi menjaga tim tetap bugar dan bebas cedera.

Review Game Football Manager 2018

Review Game Football Manager 2018

Review Game Football Manager 2018 (pemandu bakat dan transfer pemain)

Beralih ke sektor pemandu bakat (talent scout), sekarang Anda bisa mengatur anggaran bagi pemandu bakat. Semakin banyak dana yang Anda alokasikan, semakin banyak pula atribut pemain yang Anda ketahui. Para pemandu bakat akan secara bertahap mengumpulkan informasi mengenai pemain incaran Anda atau pemain yang sekiranya cocok untuk direkrut, termasuk berbagai atribut dan tipe kepribadiannya. Seorang pemain mungkin cukup baik dari segi teknik, namun dia belum tentu cocok dengan gaya permainan tim Anda, bahkan bisa jadi pemain tersebut berpotensi mengganggu kekompakan pemain lain. Setiap aspek harus diperhatikan dengan seksama. Hal itulah yang membuat bursa transfer menjadi semakin menarik.

Kepandaian AI juga telah dimodifikasi pada FM 2018 ini. Modifikasi kepandaian AI tersebut bertujuan agar tim lain menjadi lebih cerdas dalam hal jual beli pemain. Efeknya, Anda tidak akan melihat tim-tim besar seperti PSG menghabiskan banyak uang untuk membeli pemain yang hanya menjadi pemanis di bangku cadangan. Biaya transfer pemain dan dana yang disediakan untuk transfer pemain juga meningkat drastis untuk mencerminkan gilanya transfer di dunia nyata saat ini.

Review Game Football Manager 2018 (taktik)

Untuk sektor taktik, antarmukanya relatif tidak banyak berubah dibanding seri FM sebelumnya. Hanya saja ada tambahan peran baru seperti Carrilero dan Mezzala, serta lebih banyak instruksi pemain (misalnya kesempatan untuk mengarahkan gelandang tengah ke area yang lebih luas sehingga memberi Anda lebih banyak pilihan saat mengembangkan gaya bermain tim).

Namun yang mengecewakan dari game ini adalah tidak adanya perkembangan substansial pada aspek manajer sepakbola. Untuk membangun rencana taktis, sepertinya FM masih terlalu kaku dan cukup terbatas. Untungnya, ada peningkatan pada analisa tim yang menunjukkan kekuatan dan kelemahan persiapan tim.

Review Game Football Manager 2018

Review Game Football Manager 2018

Review Game Football Manager 2018 (3D gameplay)

Pada FM 2018, mesin pertandingan 3D juga telah mengalami peningkatan hingga mampu menunjukkan bagaimana masing-masing tim mengikuti pengaturan taktis Anda. Setiap penyesuaian yang Anda buat di tengah pertandingan juga akan membawa dampak pada hasil pertandingan. Walaupun kadang masih ada kekurangan pada tampilan pemain, seperti bek atau kiper yang melakukan kesalahan fatal sehingga mengakibatkan terjadinya gol, namun intensitasnya tidak sesering versi game pendahulunya.

Itulah artikel mengenai Review Game Football Manager 2018. Semoga bermanfaat.

Review Game Football Manager 2018 | UG_Admin | 4.5